Meski Merasa Tidak Ada Sahabat, Kita Wajib Berjuang di Semester Akhir Ini!

Saya rasa semua orang setuju disaat memasuki tingkat akhir perkuliahan kita merasa tidak memiliki teman, bahkan sahabat kita sendiri pun sibuk dengan segala urusan Tugas Akhir nya. Itu semuanya dikarenakan kita sudah harus keluar dengan yang namanya zona nyaman kita sebagai mahasiswa dan siap dihadapkan dengan dunia nyata yang ada diluar sana. Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui ketika memasuki tahap akhir dari perkuliahan dibawah ini.

1. Do Your Best

Pasti kalian sudah sering dengar kata-kata ini dari situs-situs di internet atau berbagai tips-tips motivasi hidup yang sering diberitakan di media, Tapi disini saya ingin berbagi pengalaman disini kepada teman-teman pembaca bahwasanya disaat kita melakukan sesuatu yang menurut kita itu sudah yang terbaik, ternyata itu belum terbaik. Kenapa saya beranggapan seperti itu?, karena pada hakikatnya kita sebagai manusia/mahasiswa gampang cepat puas dan merasa sudah melakukan yang terbaik, padahal fakta nya adalah kita sering gagal pada saat kuis, UTS, maupun UAS padahal menurut kita sendiri kita sudah belajar habis-habisan. Tapi ada yang salah dengan persepsi diatas karena kita hanya belajar habis-habisan ketika mau ujian atau mau kuis atau tes-tes yang lainnya, kita tidak belajar dengan sungguh-sungguh agar kita bisa, melainkan kita belajar agar dapat lulus dengan nilai baik dan IPK yang baik. Tidak ada yang salah dengan mengejar nilai yang baik maupun IPK yang tinggi, hanya saja pertimbangkan ketika sudah memasuki Tingkat Akhir, karena semua tidak hanya mengenai nilai dan IPK melainkan lebih daripada itu adalah ATTITUDE, INTEGRITAS, dan DISIPLIN, semua itu didapat ketika kita di bangku kuliah belajar untuk pengetahuan, bukan belajar untuk nilai saja.

2. Disiplin Terhadap Waktu 

Di kampus saya sendiri kebanyakan dosen menerapkan toleransi keterlambatan selama 15 menit, dikarenakan kondisi perkuliahan nya diadakan di pagi hari. Menurut saya pribadi menoleransi waktu adalah hal yang sangat tidak baik bagi mahasiswa baru terlebih mahasiswa tingkat akhir, dikarenakan banyak mahasiswa yang kurang tahu diri memanfaatkan kesempatan ini untuk bermalas-malas datang tepat waktu dan dapat menjadi kebiasaan nanti di dunia kerja yang berdampak buruk bagi nama baik institusi maupun universitas di mata perusahaan nantinya. Maka dari itu ketika kita sebagai mahasiswa baru sering tidak disiplin terhadap waktu, bahkan pernah masuk 15 menit sebelum kelas berakhir berubahlah di masa-masa akhir perkuliahan ini dengan datang 15 menit sebelum dimulai kelas, karena disiplin terhadap waktu merupakan penilaian besar dari perusahaan tempat kita bekerja nantinya. 

3. Quit Social Media And Live Your Life Free

ini merupakan pendapat Optional  saya pribadi, karena Social Media itu sangat berpengaruh buruk sekali terhadap penggunaan waktu saya sehari-hari. Awalnya saya merasa dengan adanya social media saya menjadi tahu dengan perkembangan teknologi terkini dan saya juga bisa tahu dengan isu-isu terbaru sekarang, tapi yang terjadi adalah saya malah banyak scrolling-scrolling instagram dan facebook yang menghabiskan waktu saya seharian dan menjadi tidak produktif. Akhirnya saya memutuskan untuk berhenti menggunakan social media dan saya menghapus seluruh akun social media dan menyisakan Whatsapp dan Line karena kedua itu berguna untuk menghubungi dosen dan kedua orang tua saya. Di masa-masa akhir perkuliahan ini kita juga dihadapkan dengan namanya Tugas Akhir yang membuat kita harus fokus dengan Tugas Akhir tersebut, maka dari itu dengan saya tidak menggunakan social media saya jadi bisa fokus untuk menyelesaikan Tugas Akhir saya. Bagi saya pribadi setelah tidak menggunakan social media tidak ada perasaan kehilangan teman-teman saya atau bahkan merasa tidak mendapatkan informasi, justru dengan saya tidak menggunakan social media saya lebih berpikiran luas dengan banyak membaca berita dan belajar melihat sekitar dengan baik, dan menikmati dunia sekitar dengan mata terbuka bukan dengan merekam nya dan membagikan nya di Insta story hahah. 

4. Berdoa dan Menyerahkan Perkuliahan Akhir dan TA Kita ke Yang Maha Kuasa

Setelah semua sudah kita lakukan, jangan lupa untuk berharap dengan Tuhan, karena ketika kita sudah melakukan bagian kita dengan sungguh-sungguh, Percayalah Tuhan akan melakukannya bagiannya untuk kita. 


beberapa hal diatas merupakan pemikiran pribadi saya sendiri, dan lagi saya jalani juga. Percayalah Kuliah bukan menjamin hal-hal yang baik akan datang kepadamu,tapi kamu sendiri yang akan menjamin bagaimana kamu akan hidup selanjutnya di luar dunia perkuliahan ini. Semangat untuk semua mahasiswa Tingkat Akhir diseluruh Nusantara, berjuanglah menghadapi persiapan didunia kerja nantinya. 

Komentar

Postingan Populer