Selamat Ulang Tahun Mama, Maaf Belum Bisa Jadi yang Terbaik.

"Gimana kabarmu bang?" , "Udah makan kau bang ? " "Sehat kau disana kan bang ? " "Baik-baik kau disana ya " "Kuliah yang bagus ya" "Ingat mama sama bapak disini ya" . 
Kata-kata itulah yang selalu terucap ketika bertelepon dengan mama. Mamalah orang yang selalu perhatian dengan anak-anaknya terlebih kepadaku yang sudah tidak berada di dekat nya selama kurang lebih 7 tahun. 

Disaat pertama kali merantau ketika SMA yang ada di benakku hanya terpikir untuk bersekolah ke luar kota agar memiliki pendidikan yang baik dan mandiri, jarang sekali berpikir bagaimana perasaan mama? bagaimana perasaan bapak? apakah mereka nantinya kesepian? apakah mereka selalu merindukan ku dan menangis disaat menyampaikan doanya kepada Tuhan? . 

Dulu ingat sekali sebelum aku pergi merantau mama pernah berkata "Gimana nanti kau disana bang ? " "Siapalah nanti teman mu disekolah sana ?" "Gimanalah nanti kalau gak ada temanmu?" dan dengan celetukan-celetukan kecil yang ku ucapkan ke mama "Ya pasti adalah ma temanku disana" "kenalan sama orang-orang disana kan bisa hehe" dengan hati menenangkan perasaan nya agar dapat melepaskan ku ke tanah perantauan yang jauh disana. 

Tapi ketika sampai di titik kepergianku ke tanah rantau, mama dan bapak langsung mengantarkanku ke terminal bis, disitulah dia memelukku dan mencium kedua pipiku dengan tangis yang tak terbendung, tak banyak kata-kata mama yang keluar hanya air mata yang keluar menandakan bahwa dia harus melepaskan anak panggoarannya ke tanah rantau. 

Sampai pada hari kelulusan SMA  mama ku datang dengan adikku, untuk merayakan kelulusan ku. Tidak lama kemudian aku harus melanjutkan pendidikanku ke perguruan tinggi yang ada di luar pulau sumatera, rasa sedih juga harus benar-benar ku alami karena harus berada jauh dari rumah lagi selama kurang lebih 4 tahun, tapi apa daya pendidikan harus dijalani dan berharap dapat melihat mama sehat-sehat terus. 

dan tepat pada hari ini tanggal 09 Juli 1975 hari lahirnya engkau ke dunia ini mamaku, Selamat ulang tahun mama terima kasih sudah melahirkan ku dan terimakasih sudah menjadi mama yang sabar terhadap kenakalanku dan maafkan belum bisa menjadi yang terbaik untuk mu, dan semoga sehat-sehat selalu sampai pada akhirnya bisa melihat aku sukses, Tuhan Yesus selalu yang pimpin langkah mama. 




Komentar

Postingan Populer